SWARANG PATANG STUMANG

Bengkulu Dalam Dunia Wisata

Bengkulu adalah sebuah Provinsi kecil yang terletak dipesisir barat Sumatra,meski kecil namun banyak sekali potensi beragam wisata yang ditawarkan dari daerah ini,Bengkulu terdiri dari 9 kota dan kabupaten yang membentang dan berbatasan dengan sumatra barat,jambi.palembang dan lampung.Bengkulu wisata pantai dan alamnya yang indah akan membuat anda kagum dan bangga.
bunga Raflesia bunga terbesar Didunia
Raflesia adalah salah satu simbol yang menandakan tempat atau daerah Provinsi Bengkulu.Selain itu juga beragam potensi wisata menghiasa provinsi yang kecil ini dengan berbagai macam wisata dari seluruh kabupaten yang mencapai 9 kabupaten dan kota diprovinsi Bengkulu.Dari separuh penduduknya yang berada pada pesisir pantai,maka tak heran jika andalan wisata di Bengkulu adalah pantainya yang sangat indah.Jika ingin melihat lebih lanjut mengenai gambaran potensi wisata yang ada di Provinsi Bengkulu makaanda bisa melihatnya pada halaman peg ..”wisata bengkulu”.
Setelah urusan gempa bengkulu selesai aku sempetin buat jalan2 di kota Bengkulu. Waktu yang tersedia cuma 3 jam sebelum berangkat ke kantor travel untuk kembali ke Palembang.Diluar perkiraan aku ternyata Bengkulu punya obyek wisata sejarah yang pantas menjadi pilihan para turis. Berbagai peninggalan masa silam yang ada di Bengkulu tergolong unik, terutama wisata sejarah peninggalan Inggris yang masih terpelihara. Bengkulu sendiri merupakan kota pantai sekaligus kota pegunungan dan dikelilingi lembah hijau yang menawarkan kenyamanan dan keindahan. Ibu kota propinsi yang bertengger dibibir pantai Samudra Indonesia ini berbatasan dengan Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung.
Yang bikin Bengkulu menjadi menarik sebagai tempat wisata sejarah karena banyak peninggalan2 sejarah seperti Benteng Marlborough, rumah kediaman Bung Karno, makam Sentot Alibasyah, monumen Parr, dan Masjid Jamik yang bisa dikunjungi, selain juga pantainya yang menghadap ke Samudera Indonesia yang keren2. Mulai dari Pantai Tapak Padri di sebelah Barat Daya Fort Marlborough sampai ke Pantai Lais dan Mukomuko di Bengkulu Utara. Tapi karena waktu yang tersedia cuma 3 jam aja, jadinya cuma bisa mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno, Benteng Marlborough n pantai.
Rumah Pengasingan Bung Karno
Bung Karno, sebelum kemerdekaan pernah diasingkan di Bengkulu (14 Februari 1938 - 9 Juli 1942). Rumah kediaman selama dalam pengasingan letaknya di Jalan Soekarno Hatta n barang-barang peninggalan beliau tersimpan di dalamnya. Saat ini rumah tersebut dijadikan museum oleh pihak Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rumah tua dengan arsitektur menarik ini berukuran 9 x 18 meter berdiri di atas lahan sekitar 40.000 meter ini punya taman bunga yang tertata apik. Di rumah sederhana dengan lima ruangan ini terdapat barang-barang peninggalan keluarga Bung Karno. Memasuki rumah ini setelah beranda depan, terdapat ruangan yang berisikan sepeda tua merek Hercules yang dulu dipake Bung Karno kalo keliling di kota Bengkulu. Dari ruang sepeda menuju ke belakang ada ruang perpustakaan kecil yang berisi ratusan koleksi buku-buku milik Bung Karno, mulai dari buku seni, arsitektur, kenegaraan n politik. Di tempat ini juga tersimpan alat-alat perlengkapan sandiwara tonil Monte Carlo punya Bung Karno. Setelah itu ada dua buah kamar yang saling berhadapan, tempat menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Bung Karno seperti tempat tidur besi, kursi tamu dan lemari makan. Setiap ruangan terpajang foto-foto Bung Karno dengan segala kegiatannya. Ga jauh dari rumah Bung Karno terdapat rumah peninggalan Fatmawati Soekarno yang berlokasi di jalan Fatmawati. Rumah panggung ini bukan rumah aslinya, tetapi sudah banyak direnovasi. Tapi sayang aku ga sempet kesana, karena harus ngejar waktu ke Benteng Marlborough.
Benteng Marlborough (Fort Marlborough)
Benteng Marlborough (Fort Marlborough) merupakan benteng peninggalan Inggris, didirikan oleh East Indian Company pada tahun 1713-1719 dibawah pimpinan Gubernur Joseph Callet merupakan benteng terkuat Inggris di daerah Timur setelah Benteng George di Madras. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap arah kota Bengkulu dan memunggungi Samudera Hindia. Bila berdiri di salah satu sisi benteng, kita bisa liat landscape Pantai Padri yang waktu sunset. Ga jauh dari lokasi benteng ada monumen Thomas Parr yang dibangun pemerintah Inggris untuk mengenang tempat residen Thomas Parr yang meninggal di Bengkulu karena pemberontakan rakyat setempat.Benteng Marlborough jadi iconnya kota Bengkulu karena benteng ini merupakan primadona wisata Bengkulu. Benteng yang bentuknya seperti kura-kura dan terletak di tepi pantai Tapak Padri ini dibangun secara bertahap selama lima tahun mulai 1714. Pembangunan benteng tersebut dulu dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terhadap ancaman kompeni Belanda (VOC) yang memusatkan pertahanannya di Batavia dan Banten, sekaligus mempertahankan daerah Bengkulu sebagai daerah monopoli lada dan pusat perdagangan.
Aku terkesan ke Benteng Marlborough ini karena kekokohan benteng tersebut yang terbuat dari beton yang menghadap ke Samudra Indonesia dan pantai Tapak Padri. Di bagian dalam benteng, kita bisa liat bekas-bekas kamar yang fungsinya antara lain untuk kamar serdadu (barak), gudang penyimpanan lada dan cengkeh, ruang tahanan, gudang mesiu, logistik dan kantor. Di beberapa ruangan terdapat coretan para tahanan pada dinding tembok. Malah ada coretan yang dibuat oleh serdadu Inggris yang mungkin jenuh berperang sehingga melampiaskan kejenuhannya di tembok. Bung Karno sendiri pernah ditahan di salah satu ruangan benteng tersebut ketika Belanda membuang beliau ke Bengkulu.
Bangunan benteng dikelilingi oleh tembok yang tebalnya 2 meter. Selain itu meriam-meriam sundut di tempat yang strategis seolah-olah siap menjaga setiap sudut benteng. Benteng tersebut berdiri di atas bukit karang yang menghadap ke pantai. DI sekeliling benteng terdapat parit-parit pertahanan dengan tiga jembatan penghubung yang sewaktu-waktu bisa dinaik-turunkan. Seperti benteng-benteng bangsa Eropa abad pertengahan khususnya Inggris, bangunan Itu terkesan berwibawa, angker dan sangat kokoh.Di depan benteng Marlborough terbentang pantai Tapak Padri. Di pantai ini kita bisa melihat perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan atau merapat dipantai. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari untuk menikmati matahari terbenam (sunset). Bahkan saat ini di pantai tersebut sedang dibangun wahana wisata bahari seperti di Ancol n Lamongan.
Benteng Marlborough sendiri merupakan benteng kedua yang dibangun di Bengkulu setelah Benteng York (Fort York) dan merupakan benteng pengganti Fort York. Alasan pemindahan benteng tersebut karena di benteng sebelumnya (Fort York) lingkungannya rawa-rawa yang berada di dataran rendah sehingga ketika air laut pasang merendah pondasi benteng. Selain itu juga karena jarak pantaunya tidak sejauh Benteng Marlborough.Dekat Benteng Marlborough kita bisa mengunjungi Monumen Parr, suatu monumen yang merupakan simbol kemenangan rakyat Bengkulu melawan lnggris. Monumen ini bisa dikatakan sebagai lambang maut bagi residen Inggris Thomas Parr yang dibantai rakyat dalam peristiwa pemberontakan tahun 1807. Jenazah residen yang terkenal kejam itu dimakamkan di bagian kepala kura-kura benteng Marlborough. Tugu berbentuk kubah merupakan tanda memperingati terbunuhnya Thomas Parr.
Yang disayangkan dari benteng ini adalah tampaknya tidak ada penjaga khusus dan ketika malam tidak dikunci, sehingga benteng ini sangat kondusif untuk dijadikan tempat mesum. Karena memang banyak sudut dan lorong yang memungkinkan untuk melakukan itu. Aku tulis gitu karena ga sengaja menemukan beberapa “artefak mesum” di beberapa sudut benteng ini.Sangat disayangkan…
Pantai PANJANG
Setidaknya ada dua pantai yang ada di sekitar pusat kota, yaitu pantai Tapak Padri dan pantai Panjang Gading Cempaka.
1. Pantai Tapak Padri
Pantai ini terletak di sebelah Barat Daya benteng Marlborough. Pintu masuk ke pantai ini bersebelahan dengan pintu masuk ke Benteng Marlborough. Pantai ini berada di kawasan Kampung Cina yang juga merupakan salah satu objek wisata di kota Bengkulu. Yang bisa dinikmati dari pantai ini adalah merupakan pantai nelayan. Bahkan saat ini di kawasan tersebut sedang dibangun tempat Wisata Bahari seperti Ancol dan Lamongan.
2. Pantai Panjang Gading Cempaka
Pantai ini membentang sepanjang 7 km dengan pasir putihnya. Disepanjang pantai terdapat banyak pohon cemara dan beberapa rumah makan, side cottage dan kolam renang. Letak pantai sekitar 3 km dari pusat kota.
3. Pantai Lais
Pantai ini berada di Kecamatan Lais, ± 60 km dari pusat kota. Yang menarik dari pantai ini adalah pantainya masih asli, belum disentuh oleh kegiatan komersil. Jadi buat para penikmat pantai alami bisa main2 kesini, karena mulai dari Pantai Lais ke arah utara menuju Mukomuko pantainya masih asli.Yang menarik dari pantai2 yang ada di Bengkulu adalah memiliki pasir yang berbeda2, mulai dari pasir putih (Pantai Tapak Padri n Pantai Panjang Gading Cempaka), dan pasir hitam (Pantai Lais dan pantai lainnya ke arah utara). Jadi anda bisa milih akan bermain di pasir yang man

0 komentar: