SWARANG PATANG STUMANG

Gerak Langkah Pembangunan Propinsi Bengkulu

Sejalan dengan visi dan misi yang diusung untuk membuat keadaan di Provinsi Bengkulu berubah menjadi lebih baik, maka berbagai langkah pembangunan telah dilakukan oleh pimpinan daerah Provinsi Bengkulu. Berbagai keterbatasan yang bertahun-tahun menjadi permasalahan klasik seperti ketertinggalan, keterisolasian, keterbatasan sumber daya manusia yang kapabel hingga, minimnya ketersediaan anggaran diupayakan untuk ‘didobrak’ dengan semangat membangun dan kerja keras.
Berbagai terobosan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah saat ini antara lain :
1. Perbaikan infrastruktur jalan antar daerah dan akses ke pusat-pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah pusat berkomitmen untuk selalu dapat menyediakan sarana transportasi jalan raya yang lancar dan baik. Dengan instruksi khusus Gubernur Bengkulu, diberdayakan kembali mekanisme ‘Mandor Jalan’ untuk menjamin pengawasan di masing-masing ruas jalan.

2. Peningkatan volume penerbangan dari Provinsi Bengkulu ke daerah lain, terutama Jakarta dan Palembang. Hal ini diwujudkan dengan mempererat kerja sama dengan beberapa maskapai dan pelaku usaha di bidang ini. Diharapkan dengan hubungan udara yang lancar dan terjangkau akan dapat mendorong gerak laju perekonomian masyarakat Provinsi Bengkulu dan sekitarnya.

3. Revitalisasi Pelabuhan Samudera Pulau Baai dengan melaksanakan pengerukan kembali alur masuk perabuhan yang mengalami pendangkalan dan pembangunan berbagai sarana dan prasarana lainnya.

4. Pembangunan rel kereta api dari Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong ke Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu. Pembangunan jalur ini dinilai sangat penting karena akan mengatasi keterisolasian yang selama ini telah menghambat perkembangan dan kemajuan Provinsi Bengkulu. Mega proyek ini akan melintasi gugusan bukit barisan sepanjang ± 300 kilometer. Prasarana transportasi masal ini sangat potensial membuat wilayah Provinsi Bengkulu menjadi salah satu jalur perlintasan perdagangan dan distribusi barang antar benua. Hal ini karena rel kereta api tersebut akan menghubungkan Pelabuhan Samudera Pulau Baai di sisi barat Pulau Sumatera dengan Pelabuhan Tanjung Siapiapi– Sumatera Selatan yang menghadap ke Selat Malaka. Pembangunan rel kereta api ini dapat dilaksanakan berkat kerja sama yang berhasil dikembangkan oleh Gubernur Bengkulu dengan beberapa investor swasta.

5. Pengembangan Tanaman Jarak sebagai salah satu alternatif sumber energi baru yang reversible. Meski ide ini tidak begitu saja diterima dan membumi di masyarakat, namun untuk kepentingan jangka panjang pemerintah daerah telah mulai mempeloporinya. Dan andaipun saat ini terobosan ini belum sepenuhnya dapat diaktualisasikan, setidaknya sudah ditanamkan kesadaran ‘berfikir cerdas’ kepada masyarakat bahwa ancaman krisis energi harus disikapi secara bijak dengan memanfaatkan potensi alam yang ada sebagai sumber bahan baku energi baru. Sehingga antrian panjang rakyat kecil yang menunggu giliran membeli minyak tanah dapat dikurangi bahkan tidak perlu terjadi lagi. Dan kenaikan harga bahan pokok rumah tangga akibat meroketnya harga minyak mentah dunia dapat diminimalisasi.
Penemuan seorang peneliti dari Universitas Brawijaya yang mengembangkan kompor dengan bahan bakar buah jarak menggantikan minyak tanah agaknya menjadi justifikasi bahwa ‘ide cerdas’ gubernur muda ini tidaklah berlebihan. Saat ini beberapa spot perkebunan jarak sudah mulai berkembang untuk menyambut era baru energi yang mandiri dan ramah lingkungan. Sewaktu-waktu nanti ketergantungan pada minyak bumi (baca : bahan bakar fosil ) harus beralih ke Bio Energi; dan memang seharusnya begitu.

6. Revitalisasi Pertanian dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian masyarakat. Kebijakan ini ditempuh karena sektor pertanian menjadi penyerap tenaga kerja terbesar di Provinsi Bengkulu. Dengan revitalisasi pertanian akan memacu perkembangan produksi hasil pertanian yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Berbagai upaya yag telah di tempuh antara lain dengan pemberian bantuan 1000 unit hand tractor untuk petani sawah, penyediaan 10 juta bibit kelapa sawit unggul, pembangunan pabrik CPO dan pembukaan lahan pertanian baru seluas 1000 hektar.

7. Dalam rangka mendorong Provinsi Bengkulu untuk menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah barat Pulau Sumatera, pemerintah daerah memanfaatkan potensi keindahan alam dan berbagai aset sejarah yang dikemas dalam program pembangunan Kawasan Wisata Internasional. Kebijakan ini direalisasikan dengan pembangunan berbagai sarana dan prasarana wisata di kawasan wisata pantai panjang Kota Bengkulu yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri berupa gugusan pantai pasir putih sepanjang lebih dari 10 kilometer. Pembangunan sarana dan prasarana ini diselaraskan dengan revitasisasi berbagai aset wisata sejarah peninggalan kerajaan lokal, peninggalan kolonialis Inggris dan Belanda hingga situs sejarah masa perjuangan. Perbaikan sarana lingkungan dan wisata di kawasan perkotaan ini didesain untuk menjadi salah satu simpul yang dapat mendorong meningkatnya perkembangan sektor pertanian dan industri pertanian yang berkembang di kawasan pedesaan.

8. Menyadari bahwa hutan sangat menentukan kesinambungan kehidupan di bumi ini, maka Pemerintah Provinsi Bengkulu yang memiliki wilayah kawasan hutan lindung yang mencapai 2/3 dari seluruh wilayahnya berkomitmen untuk terus melestarikan ’paru-paru dunia’ tersebut. Kebijakan ini ditandai dengan komitmen yang tinggi untuk memelihara kawasan lindung berikut berbagai satwa dan plasma nuftah yang ada di dalamnya. Bahkan jauh sebelum diadakannya Konfrensi tentang Global Warming di Bali, Riyo Mori - Miss Universe 2007 – telah lebih dahulu diundang untuk mengunjungi kawasan hutan perawan Provinsi Bengkulu yang juga merupakan habitat bunga langka - Rafflesia Arnoldi - sebagai bahagian dari kampanye pelestarian kawasan hutan tropis dunia. Saat ini pemerintah daerah terus menggalakkan reboisasi di kawasan pantai dan lahan gundul untuk menjaga kelestarian lingkungan alam agar tetap segar dan lestari.

0 komentar: